Shared Thoughts: Away From Home


Sebagai mahasiswa yang rumahnya agak jauh (iya, masih deket kalo dibandingin dengan anak-anak dari daerah) dari kampus, gue memilih untuk ngekos untuk semester pertama. Karena gue di Fasilkom, maka gue milih untuk ngekos di Barel. Walkable distance banget deh. Buat orang yang nggak kebiasa jalan, mungkin males ya. Tapi gue sendiri mikirnya ini jalan tiap pagi adalah a little workout buat gue yang jarang olahraga (mohon jangan ditiru).

Gue sempet ngalamin beberapa hal yang agak nggak enak selama di kosan--tapi hal enaknya jauh lebih banyak daripada nggak enaknya.

Mau tau apa aja? Kuy baca terus lah!

1) Bangun lebih pagi

Nyokap nggak percaya gue bangun jam 5 kurang di kosan. Jujur aja, di rumah gue lebih sering dibangunin daripada bangun sendiri. Please note down this thing: jadi manja bukan berarti nggak bisa mandiri. Selalu adaptasi dengan situasi.

Gue bangun jam segitu, gue cuma shalat Subuh dan nyiapin air panas buat mandi (iya ini manjanya masih kebawa HAHAHA!) setelah ditegur jangan mager buat manasin air ntar sakit. Baiklah, gue turutin. Setelah itu, kalo ngantuk parah banget dan abis begadang, gue set alarm sekitar 5-15 menit abis itu tidur lagi HAHAHA lol. 

Tapi, pas bangun/sebelum tidur sekarang gue punya kebiasaan baru, yaitu nulis to-do list. Lucunya, pernah to-do list ini dikomen sama nyokap waktu dia dateng ke kosan. It's fine actually. Ngga cuma itu, gue jadi kebiasa berangkat lebih pagi untuk ngasih waktu buat ngelakuin hal-hal yang ada di to-do list. Biasanya sih itu melibatkan wi-fi kampus, makanya datengnya pagi HAHA. 

FYII have this one quote that motivates me to wake up earlier. Look below.


2) Strategi

Sebenernya ini juga bisa masuk di nomor satu, tapi ini kaitannya lebih ke pas di kampusnya. Jadwal di Fasilkom yang agak hectic dengan jarak antar kelas yang agak mepet kadang-kadang bikin kita muter otak biar tiga kebutuhan (ISHOMA - istirahat, sholat, makan) terpenuhi semua. Selain itu, ada matkul yang butuh perhatian lebih karena satu dan lain hal.

Ada beberapa trik yang gue (dan kebanyakan orang) lakukan selama ini kalau di kampus:
- Kelas pagi, datang di kelas 30 menit sebelumnya biar bisa dapet tempat duduk di depan
- Kelas siang & sore yang mulai setelah Dzuhur & Ashar, tag tempat dulu baru ISHOMA
- Siapin permen untuk kelas-kelas yang berpotensi mengundang kantuk

Gimana kalau di kosan?

Gue jujur orangnya gampang ngerasa ngantuk, jadi gue berusaha biar nggak makan di kosan sehingga gue ngga ngantuk di kosan. Makan di luar udah ngurangin potensi gue tidur lebih cepat. Sesuai dengan kata-kata bu Kasiyah waktu PSAF:

"Satu-satunya kemewahan yang bisa kamu korbankan selama di Fasilkom adalah waktu tidur!"

dan satu lagi...

"Di Fasilkom, kerja cerdas itu nggak cukup. Kamu harus kerja keras dan kerja cerdas!"

Sangat menginspirasi, yes?

3) Disiplin

Baca dulu quote di bawah ini biar lebih ngena, ya?


The hardest battle is the one against yourself. Apalagi ketika lo lagi capek dan pengen jalan-jalan, pengen ngelakuin sesuatu ketika lo HARUS ngelaksanain kewajiban lo. As a college student, nggak akan ada lagi guru yang ngingetin lo, jadwal yang lo tinggal terima jadi, dan segala nikmat lainnya selama lo jadi siswa SMA. 

Say goodbye to those pleasures of being a high school student. Hey, you're a college student now. Meskipun IRS sekarang (semester 1) masih dipaketin, semester depan ada SIAKWAR. Dosen nggak akan peduli lo ngerti atau nggak, lo merhatiin atau nggak, nilai lo bagus atau nggak, semua keputusan, hasil akhir, tergantung lo. Lo dan usaha lo. 

Seberapa pengen sih lo jadi sukses dalam prioritas lo (akademis, organisasi, dll)?

Semua tergantung lo.

And, I'm still fighting in the same battle everyday. I have two choices: win or lose.

I choose to win.

How about you?

--

Sincerely,

99WRITES


You Might Also Like

0 comments